Contoh laporan praktik kerja industri


LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI

MENGEDIT VIDEO MENGGUNAKAN
SOFTWARE ADOBE PREMIERE
Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat Mengikuti Ujian Kompetensi Kejujuran, Ujian Akhir Sekolah dan Ujian Nasional
Di SMK Negeri 1 Mendo Barat
                               Nama                              : FITRI
                               Nis                                   : 908
                               Kelas                               : XI
Kompetensi Keahlian   : MULTIMEDIA

SEKOLAH MENENGAH KEJUJURAN
 SMK NEGERI 1 MENDO BARAT
TAHUN 2016
i

LEMBAR PENGESAHAN INDUSTRI

MENGEDIT VIDEO MENGGUNAKAN
SOFTWARE ADOBE PREMIERE

Pangkal Pinang,.....April 2016
Disetujui oleh :
Pembimbing DU/DI


Ubaidil
NIP.

Mengetahui,
Pimpinanan DU/DI

Sriwidayat, SE., M.Si
NIP. 19660417199403 1 007
                                                                  ii

LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH

MENGEDIT VIDEO MENGGUNAKAN
SOFTWARE ADOBE PREMIERE

Telah diperiksa dan disahkan pada tanggal :
Petaling,.....April 2016


Ketua Program Studi Keahlian                                                   Pembimbing Sekolah

 Muammar, S.Kom.                                                                      Muammar,S.Kom.


Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 1 Mendo Barat

KOMARIAH, S.Pd
    NIP. 19720519 200312 2 004
iii

HALAMAN MOTO
·         Ilmu itu diperoleh dari lidah yang gemar bertanya serta akal yang suka berpikir.
·         Akar dari sebuah pendidikan itu memang pahit, namun buah dari pendidikan itu sendiri begitu manis.
·         Jawaban sebuah keberhasilan adalah terus belajar dan tak kenal putus asa.
·         Kegagalan hanya terjadi bila kita menyerah.
·         Rasa takutbukanlahuntukdinikmati, namununtukdihadapi.
·         Jalanterbaikdalammencaritemanadalahkitaharusberlakusebagaiteman.
·         Tidak ada kekayaan yang melebihi akal dan tidak ada kemelaratan yang melebihi kebodohan.
·         Musuh yang paling berbahaya di atas dunia ini adalah penakut dan bimbang. Teman yang paling setia, hanyalah keberanian dan keyakinan yang teguh.
·         Waktu yang bersejarah saat ini, waktu untuk mencoba kemarin dan besok adalah waktunya untuk sukses.
·         Restu kedua orang tua merupakan sumber dari keberhasilan hidup kita.
·         Jalani semua dengan ikhlas karena Allah SWT.
·         Learn from yesterday, live for today, hope for tomorrow.
               (Belajar dari kemarin , hidup untuk hari ini , harapan untuk besok)





iv

HALAMAN PERSEMBAHAN
Alhamdulillah dalam melaksanakan praktik kerja industri (PRAKERIN) dan penyusunan laporan ini berjalan lancar dan penulis sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan dan penyusunan laporan prakerin ini, penulis banyak dibantu, dibimbing, didukung oleh berbagai pihak, dan laporan prakerin ini penulis persembahkan kepada :
1.      Ibu Komariah,S.Pd selaku Kepala SMK Negeri 1 Mendo Barat.
2.      Bapak Muammar, S.Kom. selaku Kepala Program Keahlian Multimedia SMK    Negeri 1 Mendo Barat.
3.      Bapak Muammar, S.Kom. selaku guru pembimbing yang telah meluangkan waktu untuk memberikan masukan, bimbingan, dan motivasi yang membangun kepada penulis hingga prakerin ini terselesaikan dengan baik.
4.      Bapak Heri Iskandar, ST, MT. Selaku guru pembimbing yang telah mencurahkan waktu dan pikiran dalam membimbing penulis.
5.      Ibu Silvia, S.Kom, M.Kom. Selaku guru pembimbing yang telah banyak memberikan arahan dan bimbingan kepada penulis.
6.      Bapak dan Ibu Guru SMK Negeri 1 Mendo Barat yang senantiasa memberikan masukan dan motivasi kepada penulis.
7.      Bapak Sriwidayat, SE,.M. Si, Selaku Kepala Plt Stasiun TVRI Bangka belitung.
8.      Pembimbing Bapak Ubaidil dan karyawan Stasiun TVRI  Bangka Belitung, yang telah membimbing dan mengarahkan penulis dalam melaksanaan tugas pekerjaan.
9.      Kepada orangtuaku ayahanda M.Yamani (ALM) dan ibunda Habibah,serta kakakku yang sangat penulis cintai dan hormati yang takhenti-hentinya memberikan dukungan, doa, nasehat, dan motivasi kepada penulis.


v

10.  Teman-teman SMK Negeri 1 Mendo Barat yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan laporan ini.
11.   Semua teman-teman atau pihak-pihak yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu.
12.   Terakhir buat Larry Page dan Sergey Brin yang telah menciptakan Google,yang selalu memberikan pengetahuan tentang pembelajaran.
Semoga amal kebaikannya akan mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT.


                                                vi

KATA PENGANTAR
       Dengan mengucapkan puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan penyusunan Laporan Praktik Kerja Industri (PAKERIN) ini, sebatas pengetahuan dan kemampuan yang penulis miliki.
      Laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) ini disusun sebagai salah satu syarat agar penulis dapat mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Nasional. Dalam laporan Praktek Kerja Industri (PAKERIN) ini diuraikan hasil Praktek Kerja Industri di Kantor Gubernur,Plt. Stasiun TVRI.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan praktek kerja industri (PRAKERIN) ini masih jauh dari kesempurnaan, Karena sempurna cuma Milik Allah SWT. Oleh karena itu, dengan rendah hati penulis mohon maaf atas segala kekurangan dan mengharap tegur sapa serta kritik dan saran yang membangun.Harapan penulis, informasi dari laporan Praktek Kerja Industri (PAKERIN)  ini mampu memberikan manfaat untuk penulis dan pembaca.






Petaling,18 april 2016



Penulis

vii

DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL........................................................................                        i
LEMBAR PENGESAHAN DU/DI.................................................                       ii
LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH........................................                        iii
HALAMAN MOTO.........................................................................                        iv
HALAMAN PERSEMBAHAN......................................................                        v
KATA PENGANTAR......................................................................                       vii
DAFTAR ISI....................................................................................             viii
DAFTAR GAMBAR.......................................................................                        x
DAFTAR TABEL............................................................................                        x
BAB I PENDAHULUAN................................................................                        1
         1.1  Latar Belakang...................................................................             1
         1.2  Tujuan dan Manfaat Prakerin.............................................                        2
         1.3  Waktu dan Tempat Pelaksanaan Prakerin..........................             4
         1.4  Sumber Informasi...............................................................                        4
BAB II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN...........................                       5
         2.1 Sejarah Perusahaan/Instansi................................................             5
         2.2  Visi Dan Misi Perusahaan..................................................             5
         2.3  Tugas Dan Stuktur Organisasi Perusahaan........................             6
         2.4  Kegiatan Usaha..................................................................             8
BAB III PELAKSANAAN KEGIATAN.......................................                       8
         3.1  Jenis Kegiatan....................................................................             8         
         3.2  Alat Dan Bahan..................................................................                        11
         3.3  Prosedur Pelaksanaan.........................................................                        12
         3.4  Hasil Kegiatan....................................................................                        15
BAB IV HAMBATAN DAN PEMBAHASAN MASALAH..........         16       
         4.1  Hambatan.........................................................................   .           16
         4.2  Penyelesaian dan Pembahasan Masalah........................... ..            17
        4.3  Faktor Pendukung...............................................................                        17
                                                           
viii

BAB V   PENUTUP.........................................................................                        18
         5.1  Kesimpulan........................................................................             18
         5.2  Saran..................................................................................             18
         5.3  Kesan Penulis.....................................................................             19
DAFTAR PUSTAKA.......................................................................           .           20
LAMPIRAN......................................................................................            .           21

  

ix

DAFTAR GAMBAR
Gambar 1.1 Logo SMK Negeri 1 Mendo Barat.....................................        i          
Gambar 1.2 Logo TVRI  BABEL.........................................................         5
Gambar 31 Mencari Berita......................................................................        8
Gambar 3.2 Mendownload lagu,video dan running text.......................         9
Gambar 3.3 Belajar mengedit video.......................................................        9
Gambar 3.4 Menghidupkan Kamera video.............................................        10
Gambar 3.5 menghidupkan clip on.........................................................        10
Gambar 3.6 Mengopi data.......................................................................       10
Gambar 3.7 Memeriksa kamera video..................................................          12
Gambar 3.8 Memeriksa kamera video..................................................          12
Gambar 3.9 Adobe premier..................................................................          12
Gambar 3.10 Halaman pilih file ..........................................................           13
Gambar 3.11 folder penyimpanan data video......................................          13
Gambar 3.12 Menarik video pada adobe primier.................................           13
Gambar 3.13 Tarik video ke bawah pada adobe primier......................          14
Gambar 3.14 Telop video.....................................................................          14
Gambar 3.15 Halaman penyimpanan nama video................................          14
Gambar 16 Halaman penyimpanan......................................................           15
Gambar 3.17 Rendering video..............................................................          15
Gambar 3.18 Video selesai di edit........................................................          15
Gambar 5.1 Belajar membaca naskah siaran..........................................         21
Gambar 5.2 Belajar kamea video............................................................        21
Tabel 1.1 Struktur Organisasi LPP Stasiun TVRI BABEL.....................       6




x

BAB 1
PENDAHULUAN
1.1   LATAR BELAKANG
Setiap siswa lulusan SMK dituntut untuk mempunyai suatu keahlian dan siap kerja karena lulusan SMK biasanya belum diakui oleh pihak dunia usaha/ industri, oleh karena itu diadakan suatu program Pendidikan yaitu dengan melaksanakan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) agar setiap siswa lulusan SMK mempunyai suatu pengalaman dalam dunia usaha sebelum memasuki dunia usaha tersebut secara nyata setelah lulus sekolah.
PRAKERIN (Praktik Kerja Industri) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan didunia usaha atau dunia industri yang relevan dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya,dalam pelaksanaannya dilakukan dengan prosedur tertentu.
Beberapa peraturan dalam melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN). Adapun peraturan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) :
  1. Tercantum pada UU. No. 2 tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional yaitu untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, atau latihan bagi peranannya dimasa yang akan datang.
  2. Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah yang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya, alam sekitar, dan meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih.
  3. Peraturan pemerintah No. 39 tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional.
  4. Keputusan Menteri No. 0490/1993 tentang Kuriulum SMK yang berisi bahwa "Dalam melaksanakan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu Pendidikan didalam Sekolah dan Pendidikan diluar Seklolah".
1

1.2   TUJUAN
Setiap siswa lulusan SMK dituntut untuk mempunyai suatu keahlian dan siap kerja karena lulusan SMK biasanya belum diakui oleh pihak dunia usaha/industri, oleh karena itu diadakan suatu program Pendidikan yaitu;
dengan melaksanakan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) agar setiap siswa
lulusan SMK mempunyai suatu pengalaman dalam dunia usaha sebelum memasuki dunia usaha tersebut secara nyata setelah lulus sekolah.
Adapun tujuan pembuatan laporan Praktik Kerja Industri (Prakerin) ini adalah ;
  1. Dapat menambah dan mengembangkan potensi ilmu pengetahuan pada masing-masing siswa/i.
  2. Melatih keterampilan yang dimiliki siswa/i sehingga dapat bekerja dengan baik.
  3. Melahirkan sikap bertanggung jawab, disiplin, sikap mental, etika yang baik serta dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.
  4. Menambah kreatifitas siswa/i agar dapat mengembangkan bakat yang terdapat dalam dirinya.
  5. Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
6.       Menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan antara pihak sekolah dengan pihak perusahaan.
  1. Membentuk mental siswa – siswi agar mempunyai jiwa pekerja keras yang mampu konsisten.
  2. Memberikan suatu motivasi dalam diri siswa – siswi agar menunjukan    dirinya  mampu melakukan pekerjaan sesuai denganbidangnya.
  3. Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas sesuai dengan tuntutan zaman di era Teknologi Informasi dan Komunikasi.
  4.  Siswa dapat membandingkan antara teori yang didapat dari bangku sekolah dengan kenyataan pelaksanaan di industri.
2

MANFAAT
Adapun manfaat dari Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) :
A. Manfaat besar bagi siswa itu sendiri, diantaranya :
  1. Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian profesional, dengan keterampilan, pengetahuan, serta etos kerja yang sesuai dengan tuntutan zaman.
  2. Mengasah keterampilan yang di berikan sekolah menengah kejuruan.
  3. Menambah keterampilan, pengetahuan, gagasan – gagasan seputar dunia usaha serta industri yang professional dan handal.
  4. Membentuk pola pikir siswa -siswi agar terkonstruktif  baik serta memberikan pengalaman dalam dunia Industri maupun dunia kerja.
  5. Menjalin kerja sama yang baik antara sekolah dan perusahaan terkait, baik dalam dunia usaha maupun dunia Industri.
B. Manfaat Bagi Sekolah :
  1. Menjalankan kewajiban undang undang.
  2. Meningkatkan citra sekolah.
  3. Meningkatkan hubungan sekolah dengan masyarakat.
  4. Meningkatkan popularitas sekolah di mata masyarakat.
  5. Memberikan kontribusi dan tenaga kerja bagi perusahaan.
C. Manfaat prakerin bagi perusahaan :
  1. Mendapatkan tenaga kerja sementara dengan “upah seikhlasnya”.
  2. Mendukung program pendidikan pemerintah.
  3. Meningkatkan citra perusahaan.
4.      Dapat mengenal kualitas siswa yang berlatih di instansi / industri.
5.     Dapat berpartisipasi dalam pembangunan pendidikan pada khususnya dan pengembangan  bangsa pada umumnya.
                                                3

1.3   WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN PRAKERIN
Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) ini merupakan salah satu bentuk kegiatan  yang dilaksanakan oleh kelas XI (sebelas)  pada setiap setelah semester ganjil (awal sementer genap).  Penulis melaksanakan praktik Kerja Industri (PRAKERIN) Mulai tanggal 18 Januari 2016 sampai tanggal 18 april 2016 dan berlangsung selama 3 bulan, dengan jadwal efektif lima hari praktik dalam satu minggu dari pukul 08:00 s/d 16:00 WIB.
Adapun  tempat  pelaksanaanPada LPP “Lembaga Penyiaran Publik” Stasiun TVRI Bangka Belitung di Jalan Pulau Bangka Komplek Perkantoran Gubernur Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Air Itam Pangkalpinang Bangka.
 1.4  SUMBER INFORMASI
Adapun yang menjadi sumber informasi adalah penulis bertanya kepada salah seorang karyawan untuk mengetahui sumber informasi sebagai materi untuk pengumpulan data dan yang dilakukan penulis adalah dengan banyak belajar di tempat Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) serta penulis berusaha untuk menguasainya ,sehingga penulis memahami apa yang telah dikerjakan penulis sebagai materi pada pembuatan laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN),penulis juga berpedoman pada buku panduan SMK Negeri 1 Mendo Barat dalam mencari informasi dan termasuk google yang menjadi sumber informasi bagi penulis.



                                                             4

BAB  II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
2.1  SEJARAH PERUSAHAAN/INSTANSI
LPP (Lembaga Penyiaran Publik)TVRI Babel berdiri pada (21/11/2012) merupakan StasiunTV Perwakilan Bangka Belitung di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.TVRI Bangka Belitung memiliki tujuan menjadikan TVRI Bangka Belitung sebagai saluran Informasi dan Hiburan bagi masyarakat sebagai bentuk Aspirasi dan Inspirasi masyarakat Bangka Belitung.Dan sampai saat ini masih tetap berjalan.
Stasiun televisi yang beralamat di Jalan Pulau Bangka Komplek Perkantoran GubernurPemerintah Provinsi  Kepulauan Bangka Belitung Air ItamPangkalpinang Bangka ini mempunyai tujuan dan fungsinya memberikan berita dan Informasi yang secara unik dan ringan untukMenghibur pemirsa serta acara dan program yang aspiratif danMenginspirasi banyak orang. TVRI BABEL sebagai sarana komunikasi dan informasi yang ada di masyarakat.
Gambar1.2  Logo TVRI BABEL

2.2  VISI DAN MISI PERUSAHAAN
1. VISI
Terwujudnya TVRI sebagai media pilihan bangsa Indonesia dalam rangka turut mencerdaskan kehidupan bangsa untuk memperkuat persatuan nasional.

                                                 5

2. MISI
a. Mengembangkan TVRI menjadi media perekat sosial untuk persatuan dan kesatuan bangsa sekaligus media kontrol sosial yang dinamis.
b.Mengembangkan TVRI menjadi pusat layanan informasi dan edukasi yang utama.
c.Memberdayakan TVRI menjadi pusat pembelajaran bangsa serta menyajikan hiburan yang sehat dengan mengoptimalkan potensi dan kebudayaan daerah serta memperhatikan komunitas terabaikan.
d.Memberdayakan TVRI menjadi media untuk membangun citra bangsa dan negara Indonesia di dunia internasional.

2.3 STRUKTUR ORGANISASI LPP TVRI BABEL
Tabel 1.1 Struktur Organisasi LPP Stasiun TVRI BABEL
                                                           
                                                                          6

TUGAS DAN FUNGSI DARI STRUKTUR ORGANISASI TVRI BABEL
1.      PRODUSER
                   Produser adalah seseorang yang bertanggung jawab terhadap perencanaan suatu acara siaran.Seorang produser harus mempunyai kepekaan dalam hubungannya dengan kepentingan khalayak penonton sehingga setiap ide yang di produksi dapat mewakili kepentingan penonton.
2.      PRODUCER ASISTANT
Production Assistant (PA) adalah orang yang bertanggung jawab mempoduksi langsung dilapangan atas Hasil yang telah disetujui tim produksi (Manager, Eksekutif produser, Produser, PA, Kreatif).
3.      PROGRAMMER DIRECTOR
                  Programmer director adalah Seorang yang ditunjuk untuk bertanggungjawab secara teknis pelaksanaan produksi satu mata acara siaran, menyutradarai Program Acara Televisi baik untuk drama ataupun Non drama.
4.      REPORTER
Reporter yaitu mencari dan memberikan laporan mengenai fakta peristiwa atau pendapat manusia atau kedua-duanya yang disertai gambar aktual, menarik, berguna dan disiarkan melalui media massa televisi secara periodik.
5.      CAMERAMAN
Juru kamera bertanggung jawab untuk semua aspekteknis pemotretan dan merekam gambar. Seorang juru kamera harus memastikan bahwa tidak ada kesalahan dilakukan saat ia mengambil gambar.
6.      EDITOR
Adalah seorang yang bertanggung jawab mengkonstruksi cerita secara estetis dari shot-shot yang dibuat berdasarkan skenario dan konsep penyutradaraan sehingga menjadi sebuah film cerita yang utuh.


                                                          7

2.4 JENIS KEGIATAN
Jenis kegiatan usaha adalah mengedit video menggunakan software Adobe Premiere.
Mengedit video adalah suatu proses memilih atau menyunting gambar dari hasil shooting dengan cara memotong gambar ke gambar (cut to cut) atau dengan menggabungkan gambar-gambar dengan menyisipkan sebuah transisi.
Definisi umum dari video editing adalah proses memanipulasi dan memodifikasi gambar video untuk menciptakan sesuatu yang baru. Manipulasi dan modifikasi termasuk segmen memotong, menambahkan klip audio , menerapkan perangkat tambahan, menciptakan transisi di antara klip.

BAB III
 PELAKSANAAN KEGIATAN
3.1  KEGIATAN PENULIS DI INSTANSI
1. Mencari Berita.
Berita adalah informasi baru atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan lewat bentuk cetak, siaran, Internet, atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau orang banyak.
Gambar 3.1  Mencari Berita


8

2. Mendownload lagu dan video
Download adalah sebuah proses dalam pengambilan file-file tertentu yang terdapat di internet baik melalui web server, youtube ataupun sistem lain yang identik.
Gambar 3 .2  lagu video dan running text.
3. Belajar mengedit video menggunakan adobe premiere
             Editing adalah proses menggerakan dan menata video shot/hasil rekaman gambar menjadi suatu rekaman gambar yang baru dan enak untuk dilihat.
Gambar 3.3  Belajar mengedit video.




9

4. Menghidupkan Kamera dan clip on                                           
Kamera Video adalah kamera elektronik yang digunakan untuk menangkap gambar dan merubahnya ke dalam format gelombang video.
Gambar 3.4 Menghidupkan Kamera video.   Gambar 3.5  menghidupkan clip on.
5. Potokopi data-data dari pegawai TVRI BABEL
Mesin fotokopi merupakan sebuah alat tekhnologi yang berfungsi untuk membuat salinan ke atas kertas dari dokumen, buku, maupun sumber lain.
Gambar 3.6 Mengopi data.
6. Melakukan Dubbing (Belajar)
Dubbing / Sulih Suara adalah teknik mengubah suara aktor dan aktris yang berperan di dalam sebuah film ke dalam bahasa lain. Singkatnya, Dubbing adalah sebuah istilah untuk pengisian suara pada video.

                                                            10

7.  Mempersiapkan dan memeriksa/mengecek Peralatan Siaran Di Studio.
Gambar 1.9 Memeriksa kamera video  Gambar 2 Memeriksa kamera video

3.2  ALAT-ALAT DAN BAHAN
Alat-alat pembantu pembuatan video:
A.    KAMERA
kamera adalah alat yang digunakan dalam bidang fotografi. Nama kamera diambil dari bahasa latin camera odscura, yang artinya adalah ruang gelap. Dalam bidang fotografi, fungsi kamera adalah untuk membentuk dan merekam suatu bayangan hasil pemotretan pada lembaran film.
B.     TRIPOD
Pengertian tripod adalah sebagai berikut :  penyangga mesin bor (kameradsb) yg terdiri atas tiga buah kaki berbentuk batang; kaki tiga.
C.     PC(Komputer)
      Dengan komputer banyak pekerjaan yang dapat di selesaikan dengan mudah, bila dahulu orang mengetik surat harus dengan mesin ketik, dan bila ada kesalahan maka kertas tersebut akan di sobek dan di ketik ulang kembali, selain itu dengan mesin ketik dokumen yang telah di ketik tidak dapat di edit kembali, sementara dengan menggunakan komputer kita dapat mengetik dokumen, mengedit dan menyimpan dokumen tersebut untuk dapat di edit berulang-ulang, dan sekarang dapat mengedit video menggunakan software video di komputer.
                                                            11

3.3  PEMBAHASAN
MENGEDIT VIDEO MENGGUNAKAN ADOBE PREMIER
1.      Pastikan aplikasi adobe premier dibuka terlebih dahulu.
Gambar 3.7 Adobe premier.
2.      Setelah itu pilih File à  New à Sequence.
                         
    Gambar 3.8 Halaman pilih file.
3.      Buka local disk,lalu pilih folder penyimpanan data video yang akan diedit.
                    
                     Gambar 3.9 folder penyimpanandata video.


                                                            12

4.      Setelah itu tarik video tersebut ke adobe primier.
Gambar 3.10 Menarik video pada adobe primier.

5.      Lalu Tarik video tersebut kebawah untuk diedit.
                   
                    Gambar 3.11 menarik videoke bawah pada adobe primier.

6.      Setelah itu tambahkan telop pada video tersebut.
                    
                     Gambar 3.12 Telop video.
                                                                                          

                                                            13

7.      Setelah itu tulis judul berita pada telop video.
                     
                      Gambar 3.13 Judul berita pada telop video.
8.      Lalu pilih save as untuk menyimpan tulisan nama Judul berita.
Gambar 3.14  Menyimpan tulisan nama Judul berita.
9.      Setelah itu simpan nama diproject akhir bulan.
                    
                      Gambar 3.15 Halaman penyimpanan nama video.


                                                            14
10.  Setelah selesai , baru pilih save.
                    
                   Gambar 3.16 Halaman penyimpanan.
11.  Setelah itu, Video yang sudah selesai diedit siap untuk di rendering.
                     
                    Gambar 3.17 Rendering video.
12.  Setelah selesai di Rendering, Video tersebut sudah siap
Untuk ditayangkan ke televisi.
                     
                    Gambar 3.18 Video selesai di edit.
3.5 HASIL KEGIATAN
Hasil yang diperoleh penulis selama melaksanakan praktik kerja industri :
a.       Mengetahui peralatan dan fungsi serta peranan dari masing-masing peralatan yang digunakan di pertelevisian.
15

b.      Menambah kemampuan penulis dalam mencari berita dan mengedit video.
c.       Mengetahui teknik atau tata cara editing video.
d.       Memberi pengalaman kepada penulis bagaimana cara pengolahan video.
e.       Menambah pengetahuan penulis dalam pembuatan sebuah naskah yang baik dan benar.
f.       Menambah wawasan dalam dunia kerja kepada penulis.

BAB IV
HAMBATAN DAN PEMBAHASAN MASALAH
      4.1  Hambatan-Hambatan yang dihadapi                          
Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan merupakan motivasi untuk meraih sukses, didalam usaha untuk meraih kesuksesan tersebut. Untuk mencapai suatu tujuan selalu mendapatkan hambatan atau rintangan, adakalanya hambatan itu membuat takut dan tidak berdaya sehingga apa yang diinginkan atau diraih tidak dapat tercapai, sebaliknya hambatan dan rintangan membuat penulis terus berusaha demi tercapainya tujuan, pada umumnya bila mampu mengatasi hambatan-hambatan tersebut akan sangat menghargai hasil usaha yang tercapai.
Adapun hambatan-hambatan yang penulis hadapi selama mengikuti praktik kerja industri, yaitu sebagai berikut:
1.     Sering terjadi kerusakan pada mesin potokopi, yang dapat menggangu proses kerja.
2.     Tugas yang diberikan terkadang berbeda dengan yang diajarkan di sekolah.
3.     Proses beradaptasi di lingkungan perusahaan adalah hambatan berikutnya karena penulis harus menyesuaikan diri di lingkungan kerja.
4.     Kurangnya menguasai peralatan kantor.
5.     Karena belum berpengalaman dalam melakukan pekerjaan disuatu perusahaan, merasa gugup apabila melakukan kesalahan dalam melaksanakan pekerjaan yang diberikan.
16

4.2              PENYELESAIAN MASALAH
1.      Roller pada mesin potokopi tidak menggulung biasanya ada sesuatu yang menyangkut, seperti serpihan kertas,dengan memanggil orang yang ahli dalam bidang tersebut dan membersihkan di  sekitar roller.
2.      Bila penulis mengalami kesulitan atau tidak mengerti, penulis bertanya kepada pembimbing.
3.      Bila kesulitan saat memakai alat-alat kantor, penulis bertanya kepada pembimbing.
4.      Penulis berusaha untuk belajar agar kesulitan itu sedikit demi sedikit hilang.
5.      Penulis mencoba untuk lebih sering berkomunikasi dengan orang-orang kantor.
4.3 FAKTOR PENDUKUNG
Faktor pendukung dalam pelaksanaan tugas akhir ini adalah media  yang di gunakan untuk proses pengeditan lebih mudah untuk di mengerti,para pegawai di tempat praktik kerja industri begitu ramah,orang tua yang tidak pernah berhenti memberi semangat untuk terus berusaha dan selalu mendukung penulis dalam tugas akhir ini,teman-teman yang selalu menemani penulis serta selalu ada di saat penulis merasa bingung dengan apa yang harus penulis lakukan, selain itu dukungan dari guru pembimbing sangat memberikan motivasi bagi penulis untuk mengerjakan tugas akhir ini dengan sebaik-baiknya.




                                                17

BAB V
PENUTUP
5.1  KESIMPULAN 
Berdasarkan penjelasan pada bab-bab sebelumnya, dan berdasarkan pengalaman penulis selama melaksanakan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) di Plt.Stasiun TVRI BABEL” selama tiga bulan, maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut:
1)      Pelaksanaan Praktik Kerja Industri dapat menjadi pengalaman, pengamatan dan keterampilan terhadap cara-cara berusaha dikalangan dunia usaha dengan keadaan nyata, secara langsung.
2)       Perencanaan yang matang dapat mendukung Prakerin ini berjalan dengan baik dan lancar.
3)      Tanggapan pegawai terhadap siswa-siswi yang melaksanakan Praktek Kerja Industri cukup baik dan menerima dengan senang hati.
4)      Kita dapat menghayati bahwa didalam pelaksanaan Praktik Kerja Industri yang dilaksanakan oleh siswa-siswi di instansi tidak selalu mulus dan berhasil namun kadang-kadang ditemukan hambatan-hambatan.
5)      Kemampuan dan ketrampilan yang mendukung terlaksananya prakerin berjalan dengan baik dan lancar.

5.2    SARAN
Penulis menyadari keterbatasan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, namun walaupun demikian akan mencoba memberi saran yang mungkin akan dapat membangun.                 
A.  Saran penulis untuk sekolah,sebagai berikut :
1.      Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan prakerin maka di perlukan peran aktif siswa dan guru.


18

2.      Dalam pelaksanaan Praktik Kerja Industri, ketika masih harus di berikan pengarahan kepada Siswa-siswi agar dapat menjaga nama baik sekolah maupun instansi yang ditempati.
3.      Pihak Sekolah ( Lembaga pendidikan ) diharapkan dapat memantau kegiatan siswa yang sedang melaksanakan PSG secara intensif sehingga segala kesulitan yang timbul dapat dipecahkan bersama.
4.      Meningkatkan daya pikir dan mental siswa, pihak sekolah harus senantiasa memberikan dorongan dalam melaksanakan Prakerin.
5.      Dan kepada dewan guru agar selalu memberikan motivasi dan bimbingan kepada siswa-siswi SMK Negeri 1 Mendo Barat.

B. Saran penulis untuk pihak Instansi
1.      Tingkatkan pelayanan yang memuaskan bagi pegawai.
2.      Hubungan kerjasama antar karyawan harus dijaga dan dipertahankan serta ditingkatkan.
3.      Tingkatkan terus kedisiplinan serta kerjasama antar pegawai.
4.      Menjalin hubungan kerja sama yang baik antara atasan dan bawahan merupakan kunci keberhasilan suatu perusahaan.
5.3  KESAN
Kesan yang penulis dapatkan selama pelaksanaan Prakerin antara lain :
1.      Penulis merasakan suasana kerja yang akrab dan bekerjasama yang baik antar karyawan.
2.      Penulis terkesan dengan kejujuran, ketelitian dan kedisiplinan pegawai dalam melaksanakan tugas.
3.      Karyawan di kantor TVRI sangat ramah dan sopan.

19

DAFTAR PUSTAKA
2016.”Pedoman Penulisan Laporan Prakrin,Tugas Akhir”SMKN 1 Mendo Barat.
Andi. 2008. Editing Video Dengan Adobe Premier Pro. AndiOffset:Yogyakarta.

Rahimawati. 2013.Contoh Daftar Pustaka dan Cara Penulisannya, http://contohsuratku.com/contoh-daftar-pustaka-yang-baik-dan-benar.html, (diakses 22 Mei 2013).
                
Ir. Pandapotan Sianipar. (2004). Cara Mudah Menguasai Video Editingdengan Adobe Premiere Pro CS3.Jakarta : PT Elex Media Komputindo.



LAMPIRAN
Gambar 5.1  Belajar membaca naskah siaran

Gambar 5.2 Belajar kamea video

21

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH TENTANG SKRIPSI

MAKALAH SISTEMATIKA SKRIPSI

MAKALAH PEPSODENT VS CIPTADENT