LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI SMK
LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
MENGEDIT VIDEO MENGGUNAKAN
SOFTWARE ADOBE PREMIERE
Diajukan untuk memenuhi salah satu
syarat Mengikuti Ujian Kompetensi Kejujuran, Ujian Akhir Sekolah dan Ujian
Nasional
Di SMK Negeri 1 Mendo Barat
Nama : FITRI
Nis : 908
Kelas : XI
Kompetensi Keahlian : MULTIMEDIA
SEKOLAH MENENGAH KEJUJURAN
SMK NEGERI 1 MENDO BARAT
TAHUN 2016
i
LEMBAR PENGESAHAN INDUSTRI
MENGEDIT VIDEO MENGGUNAKAN
SOFTWARE ADOBE PREMIERE
Pangkal
Pinang,.....April 2016
Disetujui
oleh :
Pembimbing
DU/DI
Ubaidil
NIP.
Mengetahui,
Pimpinanan
DU/DI
Sriwidayat, SE., M.Si
NIP. 19660417199403 1 007
ii
LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH
MENGEDIT VIDEO MENGGUNAKAN
SOFTWARE ADOBE PREMIERE
Telah
diperiksa dan disahkan pada tanggal :
Petaling,.....April
2016
Ketua Program Studi
Keahlian Pembimbing Sekolah
Muammar, S.Kom. Muammar,S.Kom.
Mengetahui,
Kepala
SMK Negeri 1 Mendo Barat
KOMARIAH, S.Pd
NIP. 19720519 200312 2 004
iii
HALAMAN MOTO
·
Ilmu itu diperoleh dari lidah yang
gemar bertanya serta akal yang suka berpikir.
·
Akar dari sebuah pendidikan
itu memang pahit, namun buah dari pendidikan itu sendiri begitu manis.
·
Jawaban sebuah keberhasilan adalah terus
belajar dan tak kenal putus asa.
·
Kegagalan hanya terjadi bila kita
menyerah.
·
Rasa
takutbukanlahuntukdinikmati, namununtukdihadapi.
·
Jalanterbaikdalammencaritemanadalahkitaharusberlakusebagaiteman.
·
Tidak ada kekayaan yang melebihi akal
dan tidak ada kemelaratan yang melebihi kebodohan.
·
Musuh yang paling berbahaya di atas
dunia ini adalah penakut dan bimbang. Teman yang paling setia, hanyalah keberanian
dan keyakinan yang teguh.
·
Waktu yang bersejarah saat ini, waktu untuk
mencoba kemarin dan besok adalah waktunya untuk sukses.
·
Restu kedua orang tua merupakan sumber
dari keberhasilan hidup kita.
·
Jalani semua dengan ikhlas karena Allah
SWT.
·
Learn from yesterday, live for today,
hope for tomorrow.
(Belajar dari kemarin , hidup untuk hari ini , harapan untuk besok)
iv
HALAMAN PERSEMBAHAN
Alhamdulillah
dalam melaksanakan praktik kerja industri (PRAKERIN) dan penyusunan laporan ini
berjalan lancar dan penulis sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang
telah membantu dalam pelaksanaan dan penyusunan laporan prakerin ini, penulis
banyak dibantu, dibimbing, didukung oleh berbagai pihak, dan laporan prakerin
ini penulis persembahkan kepada :
1. Ibu
Komariah,S.Pd selaku Kepala SMK Negeri 1 Mendo Barat.
2. Bapak
Muammar, S.Kom. selaku Kepala Program Keahlian Multimedia SMK Negeri 1 Mendo Barat.
3. Bapak
Muammar, S.Kom. selaku guru pembimbing yang telah meluangkan waktu untuk memberikan masukan,
bimbingan, dan motivasi yang membangun kepada penulis hingga
prakerin ini terselesaikan dengan baik.
4. Bapak
Heri Iskandar, ST, MT. Selaku guru pembimbing yang telah mencurahkan waktu dan
pikiran dalam membimbing penulis.
5. Ibu
Silvia, S.Kom, M.Kom. Selaku guru pembimbing yang telah banyak memberikan
arahan dan bimbingan kepada penulis.
6. Bapak
dan Ibu Guru SMK Negeri 1 Mendo Barat yang senantiasa memberikan masukan dan motivasi kepada penulis.
7. Bapak
Sriwidayat, SE,.M. Si, Selaku Kepala Plt Stasiun TVRI Bangka belitung.
8. Pembimbing
Bapak Ubaidil dan karyawan Stasiun TVRI
Bangka Belitung, yang telah membimbing dan mengarahkan penulis dalam
melaksanaan tugas pekerjaan.
9. Kepada orangtuaku ayahanda
M.Yamani (ALM) dan ibunda Habibah,serta kakakku yang sangat penulis cintai dan hormati yang takhenti-hentinya
memberikan dukungan, doa, nasehat, dan motivasi kepada penulis.
v
10. Teman-teman
SMK Negeri 1 Mendo Barat yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan
laporan ini.
11. Semua teman-teman atau pihak-pihak yang tidak
bisa penulis sebutkan satu persatu.
12. Terakhir buat Larry Page dan Sergey Brin yang
telah menciptakan Google,yang selalu memberikan pengetahuan tentang pembelajaran.
Semoga amal
kebaikannya akan mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT.
vi
KATA
PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji
syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena dengan rahmat, karunia,
serta taufik dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan penyusunan Laporan
Praktik Kerja Industri (PAKERIN) ini, sebatas pengetahuan dan kemampuan yang
penulis miliki.
Laporan
Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) ini disusun sebagai salah satu syarat agar penulis
dapat mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Nasional. Dalam laporan
Praktek Kerja Industri (PAKERIN) ini diuraikan hasil Praktek Kerja Industri di
Kantor Gubernur,Plt. Stasiun TVRI.
Penulis menyadari bahwa dalam
penyusunan laporan praktek kerja industri (PRAKERIN) ini masih jauh dari
kesempurnaan, Karena sempurna cuma Milik Allah SWT. Oleh karena itu, dengan
rendah hati penulis mohon maaf atas segala kekurangan dan mengharap tegur sapa
serta kritik dan saran yang membangun.Harapan penulis, informasi dari laporan
Praktek Kerja Industri (PAKERIN) ini
mampu memberikan manfaat untuk penulis dan pembaca.
Petaling,18 april 2016
Penulis
vii
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL........................................................................ i
LEMBAR
PENGESAHAN DU/DI................................................. ii
LEMBAR
PENGESAHAN SEKOLAH........................................ iii
HALAMAN MOTO......................................................................... iv
HALAMAN
PERSEMBAHAN...................................................... v
KATA
PENGANTAR...................................................................... vii
DAFTAR ISI.................................................................................... viii
DAFTAR
GAMBAR....................................................................... x
DAFTAR
TABEL............................................................................ x
BAB I PENDAHULUAN................................................................ 1
1.1
Latar Belakang................................................................... 1
1.2
Tujuan dan Manfaat Prakerin............................................. 2
1.3 Waktu dan Tempat Pelaksanaan Prakerin.......................... 4
1.4 Sumber Informasi............................................................... 4
BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN........................... 5
2.1 Sejarah
Perusahaan/Instansi................................................ 5
2.2 Visi Dan Misi
Perusahaan.................................................. 5
2.3 Tugas Dan Stuktur Organisasi Perusahaan........................ 6
2.4 Kegiatan
Usaha.................................................................. 8
BAB III
PELAKSANAAN KEGIATAN....................................... 8
3.1 Jenis Kegiatan.................................................................... 8
3.2 Alat Dan Bahan.................................................................. 11
3.3 Prosedur Pelaksanaan......................................................... 12
3.4 Hasil Kegiatan.................................................................... 15
BAB IV
HAMBATAN DAN PEMBAHASAN MASALAH.......... 16
4.1 Hambatan......................................................................... . 16
4.2
Penyelesaian dan Pembahasan Masalah........................... .. 17
4.3 Faktor Pendukung............................................................... 17
viii
BAB V PENUTUP......................................................................... 18
5.1
Kesimpulan........................................................................ 18
5.2 Saran.................................................................................. 18
5.3 Kesan Penulis..................................................................... 19
DAFTAR
PUSTAKA....................................................................... . 20
LAMPIRAN...................................................................................... . 21
ix
DAFTAR
GAMBAR
Gambar 1.1 Logo
SMK Negeri 1 Mendo Barat..................................... i
Gambar 1.2 Logo
TVRI
BABEL......................................................... 5
Gambar 31 Mencari
Berita...................................................................... 8
Gambar 3.2 Mendownload
lagu,video dan running text....................... 9
Gambar 3.3 Belajar mengedit video....................................................... 9
Gambar 3.4 Menghidupkan Kamera
video............................................. 10
Gambar 3.5 menghidupkan clip on......................................................... 10
Gambar 3.6 Mengopi data....................................................................... 10
Gambar 3.7
Memeriksa kamera video.................................................. 12
Gambar 3.8
Memeriksa kamera video.................................................. 12
Gambar 3.9 Adobe
premier.................................................................. 12
Gambar 3.10 Halaman
pilih file .......................................................... 13
Gambar 3.11 folder
penyimpanan data video...................................... 13
Gambar
3.12 Menarik video pada adobe primier................................. 13
Gambar 3.13 Tarik
video ke bawah pada adobe primier...................... 14
Gambar 3.14 Telop
video..................................................................... 14
Gambar 3.15 Halaman
penyimpanan nama video................................ 14
Gambar 16 Halaman
penyimpanan...................................................... 15
Gambar 3.17 Rendering
video.............................................................. 15
Gambar 3.18 Video
selesai di edit........................................................ 15
Gambar 5.1 Belajar membaca naskah
siaran.......................................... 21
Gambar 5.2 Belajar kamea video............................................................ 21
Tabel
1.1 Struktur Organisasi LPP Stasiun TVRI BABEL..................... 6
x
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Setiap siswa lulusan SMK dituntut
untuk mempunyai suatu keahlian dan siap kerja karena lulusan SMK biasanya belum
diakui oleh pihak dunia usaha/ industri, oleh karena itu diadakan suatu program
Pendidikan yaitu dengan melaksanakan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) agar
setiap siswa lulusan SMK mempunyai suatu pengalaman dalam dunia usaha sebelum
memasuki dunia usaha tersebut secara nyata setelah lulus sekolah.
PRAKERIN (Praktik Kerja
Industri) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan
didunia usaha atau dunia industri yang relevan dengan kompetensi (kemampuan)
siswa sesuai bidangnya,dalam pelaksanaannya dilakukan dengan prosedur tertentu.
Beberapa peraturan dalam
melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN). Adapun peraturan
Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) :
- Tercantum pada UU. No. 2 tahun 1989 tentang
Pendidikan Nasional yaitu untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan
bimbingan, pengajaran, atau latihan bagi peranannya dimasa yang akan
datang.
- Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 1990 tentang
Pendidikan Menengah yang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik
sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan
lingkungan sosial, budaya, alam sekitar, dan meningkatkan pengetahuan peserta
didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih.
- Peraturan pemerintah No. 39 tahun 1992 tentang
peran serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional.
- Keputusan Menteri No. 0490/1993 tentang Kuriulum
SMK yang berisi bahwa "Dalam melaksanakan pendidikan dilaksanakan
melalui dua jalur yaitu Pendidikan didalam Sekolah dan Pendidikan diluar
Seklolah".
1
1.2 TUJUAN
Setiap siswa
lulusan SMK dituntut untuk mempunyai suatu keahlian dan siap kerja karena
lulusan SMK biasanya belum diakui oleh pihak dunia usaha/industri, oleh karena
itu diadakan suatu program Pendidikan yaitu;
dengan melaksanakan Praktik Kerja
Industri (PRAKERIN) agar setiap siswa
lulusan SMK mempunyai suatu
pengalaman dalam dunia usaha sebelum memasuki dunia usaha tersebut secara nyata
setelah lulus sekolah.
Adapun tujuan pembuatan laporan Praktik Kerja Industri (Prakerin) ini
adalah ;
- Dapat menambah dan mengembangkan potensi ilmu
pengetahuan pada masing-masing siswa/i.
- Melatih keterampilan yang dimiliki siswa/i
sehingga dapat bekerja dengan baik.
- Melahirkan sikap bertanggung jawab, disiplin,
sikap mental, etika yang baik serta dapat bersosialisasi dengan lingkungan
sekitar.
- Menambah kreatifitas siswa/i agar dapat
mengembangkan bakat yang terdapat dalam dirinya.
- Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap
pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
6.
Menumbuhkan rasa kebersamaan dan
kekeluargaan antara pihak sekolah dengan pihak perusahaan.
- Membentuk mental siswa – siswi agar mempunyai
jiwa pekerja keras yang mampu konsisten.
- Memberikan suatu motivasi dalam diri siswa –
siswi agar menunjukan dirinya mampu melakukan pekerjaan sesuai denganbidangnya.
- Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas
sesuai dengan tuntutan zaman di era Teknologi Informasi dan Komunikasi.
- Siswa dapat
membandingkan antara teori yang didapat dari bangku sekolah dengan
kenyataan pelaksanaan di industri.
2
MANFAAT
Adapun
manfaat dari Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) :
A. Manfaat besar
bagi siswa itu sendiri, diantaranya :
- Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki
keahlian profesional, dengan keterampilan, pengetahuan, serta etos kerja
yang sesuai dengan tuntutan zaman.
- Mengasah keterampilan yang di berikan sekolah
menengah kejuruan.
- Menambah keterampilan, pengetahuan, gagasan –
gagasan seputar dunia usaha serta industri yang professional dan handal.
- Membentuk pola pikir siswa -siswi agar
terkonstruktif baik serta memberikan pengalaman dalam dunia Industri
maupun dunia kerja.
- Menjalin kerja sama yang baik antara sekolah dan
perusahaan terkait, baik dalam dunia usaha maupun dunia Industri.
B. Manfaat Bagi
Sekolah :
- Menjalankan kewajiban undang undang.
- Meningkatkan citra sekolah.
- Meningkatkan hubungan sekolah dengan masyarakat.
- Meningkatkan popularitas sekolah di mata
masyarakat.
- Memberikan kontribusi dan tenaga kerja bagi
perusahaan.
C. Manfaat
prakerin bagi perusahaan :
- Mendapatkan tenaga kerja sementara dengan
“upah seikhlasnya”.
- Mendukung program pendidikan pemerintah.
- Meningkatkan citra perusahaan.
4. Dapat
mengenal kualitas siswa yang berlatih di instansi / industri.
5. Dapat
berpartisipasi dalam pembangunan pendidikan pada khususnya dan
pengembangan bangsa pada umumnya.
3
3
1.3 WAKTU DAN
TEMPAT PELAKSANAAN PRAKERIN
Praktik
Kerja Industri (PRAKERIN) ini merupakan salah satu bentuk kegiatan yang
dilaksanakan oleh kelas XI (sebelas) pada setiap setelah semester ganjil
(awal sementer genap). Penulis melaksanakan praktik Kerja
Industri (PRAKERIN) Mulai tanggal 18 Januari 2016 sampai tanggal 18 april
2016 dan berlangsung selama 3 bulan, dengan jadwal efektif lima hari praktik
dalam satu minggu dari pukul 08:00 s/d 16:00 WIB.
Adapun
tempat pelaksanaanPada LPP “Lembaga Penyiaran Publik” Stasiun TVRI
Bangka Belitung di Jalan Pulau Bangka Komplek Perkantoran Gubernur Pemerintah
Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Air Itam Pangkalpinang Bangka.
1.4 SUMBER
INFORMASI
Adapun yang
menjadi sumber informasi adalah penulis bertanya kepada salah seorang karyawan
untuk mengetahui sumber informasi sebagai materi untuk pengumpulan data dan yang
dilakukan penulis adalah dengan banyak belajar di tempat Praktik Kerja Industri
(PRAKERIN) serta penulis berusaha untuk menguasainya ,sehingga penulis memahami
apa yang telah dikerjakan penulis sebagai materi pada pembuatan laporan Praktik
Kerja Industri (PRAKERIN),penulis juga berpedoman pada buku panduan SMK Negeri
1 Mendo Barat dalam mencari informasi dan termasuk google yang menjadi sumber
informasi bagi penulis.
4
BAB
II
GAMBARAN
UMUM PERUSAHAAN
2.1 SEJARAH PERUSAHAAN/INSTANSI
LPP (Lembaga Penyiaran Publik)TVRI
Babel berdiri pada (21/11/2012) merupakan StasiunTV
Perwakilan Bangka Belitung di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.TVRI Bangka
Belitung memiliki tujuan menjadikan TVRI Bangka Belitung sebagai saluran
Informasi dan Hiburan bagi masyarakat sebagai bentuk Aspirasi dan Inspirasi
masyarakat Bangka Belitung.Dan sampai saat ini masih tetap berjalan.
Stasiun televisi
yang beralamat di Jalan Pulau Bangka Komplek Perkantoran GubernurPemerintah
Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Air ItamPangkalpinang
Bangka ini mempunyai tujuan dan fungsinya memberikan berita dan Informasi yang
secara unik dan ringan untukMenghibur pemirsa serta acara dan program yang
aspiratif danMenginspirasi banyak orang. TVRI BABEL sebagai sarana komunikasi dan
informasi yang ada di masyarakat.
Gambar1.2 Logo TVRI BABEL
2.2 VISI DAN MISI PERUSAHAAN
1. VISI
Terwujudnya
TVRI sebagai media pilihan bangsa Indonesia dalam rangka turut mencerdaskan
kehidupan bangsa untuk memperkuat persatuan nasional.
5
2. MISI
a. Mengembangkan TVRI menjadi media
perekat sosial untuk persatuan dan kesatuan bangsa sekaligus media kontrol
sosial yang dinamis.
b.Mengembangkan TVRI menjadi pusat layanan informasi dan edukasi yang utama.
c.Memberdayakan TVRI menjadi pusat pembelajaran bangsa serta menyajikan hiburan yang sehat dengan mengoptimalkan potensi dan kebudayaan daerah serta memperhatikan komunitas terabaikan.
d.Memberdayakan TVRI menjadi media untuk membangun citra bangsa dan negara Indonesia di dunia internasional.
b.Mengembangkan TVRI menjadi pusat layanan informasi dan edukasi yang utama.
c.Memberdayakan TVRI menjadi pusat pembelajaran bangsa serta menyajikan hiburan yang sehat dengan mengoptimalkan potensi dan kebudayaan daerah serta memperhatikan komunitas terabaikan.
d.Memberdayakan TVRI menjadi media untuk membangun citra bangsa dan negara Indonesia di dunia internasional.
2.3 STRUKTUR ORGANISASI LPP TVRI
BABEL
Tabel
1.1 Struktur Organisasi LPP Stasiun TVRI BABEL
6
TUGAS
DAN FUNGSI DARI STRUKTUR ORGANISASI TVRI BABEL
1. PRODUSER
Produser adalah seseorang yang bertanggung
jawab terhadap perencanaan suatu acara siaran.Seorang produser harus mempunyai
kepekaan dalam hubungannya dengan kepentingan khalayak penonton sehingga setiap
ide yang di produksi dapat mewakili kepentingan penonton.
2. PRODUCER
ASISTANT
Production
Assistant (PA) adalah orang yang bertanggung jawab mempoduksi langsung
dilapangan atas Hasil yang telah disetujui tim produksi (Manager, Eksekutif
produser, Produser, PA, Kreatif).
3. PROGRAMMER
DIRECTOR
Programmer
director adalah Seorang yang ditunjuk untuk bertanggungjawab secara teknis
pelaksanaan produksi satu mata acara siaran, menyutradarai Program Acara
Televisi baik untuk drama ataupun Non drama.
4. REPORTER
Reporter
yaitu mencari dan memberikan laporan mengenai fakta peristiwa atau pendapat
manusia atau kedua-duanya yang disertai gambar aktual, menarik, berguna dan
disiarkan melalui media massa televisi secara periodik.
5. CAMERAMAN
Juru
kamera bertanggung jawab untuk semua aspekteknis pemotretan dan merekam gambar.
Seorang juru kamera harus memastikan bahwa tidak ada kesalahan dilakukan saat
ia mengambil gambar.
6. EDITOR
Adalah
seorang yang bertanggung jawab mengkonstruksi cerita secara estetis dari
shot-shot yang dibuat berdasarkan skenario dan konsep penyutradaraan sehingga
menjadi sebuah film cerita yang utuh.
7
2.4
JENIS KEGIATAN
Jenis kegiatan
usaha adalah mengedit video menggunakan software Adobe Premiere.
Mengedit video adalah suatu proses memilih atau
menyunting gambar dari hasil shooting dengan cara memotong gambar ke gambar (cut to cut) atau dengan menggabungkan gambar-gambar dengan menyisipkan sebuah
transisi.
Definisi umum dari video editing
adalah proses memanipulasi dan memodifikasi gambar video untuk menciptakan
sesuatu yang baru. Manipulasi dan modifikasi termasuk segmen memotong, menambahkan
klip audio , menerapkan perangkat tambahan, menciptakan transisi di antara
klip.
BAB III
PELAKSANAAN KEGIATAN
3.1 KEGIATAN PENULIS DI INSTANSI
1. Mencari
Berita.
Berita adalah informasi baru
atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan lewat bentuk
cetak, siaran, Internet, atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau
orang banyak.
Gambar
3.1 Mencari Berita
8
2. Mendownload
lagu dan video
Download
adalah sebuah proses dalam pengambilan file-file tertentu yang terdapat di
internet baik melalui web server, youtube ataupun sistem lain yang identik.
Gambar
3 .2 lagu video dan running text.
3. Belajar
mengedit video menggunakan adobe premiere
Editing adalah proses menggerakan dan menata
video shot/hasil rekaman gambar menjadi suatu rekaman gambar yang baru dan enak
untuk dilihat.
Gambar
3.3 Belajar mengedit video.
9
4.
Menghidupkan Kamera dan clip on
Kamera
Video adalah kamera elektronik yang digunakan untuk menangkap gambar dan
merubahnya ke dalam format gelombang video.
Gambar 3.4 Menghidupkan Kamera
video. Gambar 3.5 menghidupkan clip on.
5. Potokopi
data-data dari pegawai TVRI BABEL
Mesin fotokopi merupakan sebuah alat
tekhnologi yang berfungsi untuk membuat salinan ke atas kertas dari dokumen,
buku, maupun sumber lain.
Gambar 3.6 Mengopi data.
6. Melakukan
Dubbing (Belajar)
Dubbing
/ Sulih Suara adalah teknik mengubah suara aktor dan aktris yang berperan di
dalam sebuah film ke dalam bahasa lain. Singkatnya, Dubbing adalah sebuah
istilah untuk pengisian suara pada video.
10
7. Mempersiapkan dan memeriksa/mengecek Peralatan
Siaran Di Studio.
Gambar
1.9 Memeriksa kamera video Gambar 2
Memeriksa kamera video
3.2 ALAT-ALAT
DAN BAHAN
Alat-alat pembantu pembuatan video:
A. KAMERA
kamera adalah alat yang digunakan dalam bidang
fotografi. Nama kamera diambil dari bahasa latin camera odscura, yang
artinya adalah ruang gelap. Dalam bidang fotografi, fungsi kamera adalah untuk
membentuk dan merekam suatu bayangan hasil pemotretan pada lembaran film.
B. TRIPOD
Pengertian tripod adalah sebagai berikut :
penyangga mesin bor (kameradsb) yg terdiri atas tiga buah kaki berbentuk
batang; kaki tiga.
C. PC(Komputer)
Dengan komputer
banyak pekerjaan yang dapat di selesaikan dengan mudah, bila dahulu orang
mengetik surat harus dengan mesin ketik, dan bila ada kesalahan maka kertas
tersebut akan di sobek dan di ketik ulang kembali, selain itu dengan mesin ketik
dokumen yang telah di ketik tidak dapat di edit kembali, sementara dengan
menggunakan komputer kita dapat mengetik dokumen, mengedit dan menyimpan
dokumen tersebut untuk dapat di edit berulang-ulang, dan sekarang dapat
mengedit video menggunakan software video di komputer.
11
3.3
PEMBAHASAN
MENGEDIT VIDEO MENGGUNAKAN
ADOBE PREMIER
1. Pastikan
aplikasi adobe premier dibuka terlebih dahulu.
Gambar
3.7 Adobe premier.
2. Setelah
itu pilih File à New Ã
Sequence.
Gambar 3.8 Halaman pilih file.
3. Buka
local disk,lalu pilih folder penyimpanan data video yang akan diedit.
Gambar
3.9 folder penyimpanandata video.
12
4. Setelah
itu tarik video tersebut ke adobe primier.
Gambar 3.10 Menarik
video pada adobe primier.
5. Lalu
Tarik video tersebut kebawah untuk diedit.
Gambar
3.11 menarik videoke bawah pada adobe primier.
6. Setelah
itu tambahkan telop pada video tersebut.
Gambar 3.12 Telop video.
13
7. Setelah
itu tulis judul berita pada telop video.
Gambar
3.13 Judul berita pada telop video.
8. Lalu
pilih save as untuk menyimpan tulisan nama Judul berita.
Gambar
3.14 Menyimpan tulisan nama Judul berita.
9. Setelah
itu simpan nama diproject akhir bulan.
Gambar 3.15 Halaman penyimpanan nama
video.
14
10. Setelah
selesai , baru pilih save.
Gambar 3.16 Halaman
penyimpanan.
11. Setelah
itu, Video yang sudah selesai diedit siap untuk di rendering.
Gambar 3.17 Rendering video.
12. Setelah
selesai di Rendering, Video tersebut sudah siap
Untuk
ditayangkan ke televisi.
Gambar 3.18 Video selesai
di edit.
3.5
HASIL KEGIATAN
Hasil
yang diperoleh penulis selama melaksanakan praktik kerja industri :
a. Mengetahui
peralatan dan fungsi serta peranan dari masing-masing peralatan yang digunakan
di pertelevisian.
15
b. Menambah
kemampuan penulis dalam mencari berita dan mengedit video.
c. Mengetahui
teknik atau tata cara editing video.
d. Memberi pengalaman kepada penulis bagaimana
cara pengolahan video.
e. Menambah
pengetahuan penulis dalam pembuatan sebuah naskah yang baik dan benar.
f. Menambah wawasan dalam dunia kerja kepada penulis.
BAB
IV
HAMBATAN
DAN PEMBAHASAN MASALAH
4.1
Hambatan-Hambatan
yang dihadapi
Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan
merupakan motivasi untuk meraih sukses, didalam usaha untuk meraih kesuksesan
tersebut. Untuk mencapai suatu tujuan selalu mendapatkan hambatan atau
rintangan, adakalanya hambatan itu membuat takut dan tidak berdaya sehingga apa
yang diinginkan atau diraih tidak dapat tercapai, sebaliknya hambatan dan
rintangan membuat penulis terus berusaha demi tercapainya tujuan, pada umumnya
bila mampu mengatasi hambatan-hambatan tersebut akan sangat menghargai hasil
usaha yang tercapai.
Adapun hambatan-hambatan yang penulis
hadapi selama mengikuti praktik kerja industri, yaitu sebagai berikut:
1.
Sering terjadi kerusakan pada mesin
potokopi, yang dapat menggangu proses kerja.
2.
Tugas yang diberikan terkadang berbeda
dengan yang diajarkan di sekolah.
3.
Proses beradaptasi di lingkungan
perusahaan adalah hambatan berikutnya karena penulis harus menyesuaikan diri di
lingkungan kerja.
4.
Kurangnya menguasai peralatan kantor.
5.
Karena belum berpengalaman dalam
melakukan pekerjaan disuatu perusahaan, merasa gugup apabila melakukan
kesalahan dalam melaksanakan pekerjaan yang diberikan.
16
4.2
PENYELESAIAN
MASALAH
1. Roller
pada mesin potokopi tidak menggulung biasanya ada sesuatu yang menyangkut,
seperti serpihan kertas,dengan memanggil orang yang ahli dalam bidang tersebut
dan membersihkan di sekitar roller.
2. Bila penulis
mengalami kesulitan atau tidak mengerti, penulis bertanya kepada pembimbing.
3. Bila
kesulitan saat memakai alat-alat kantor, penulis bertanya kepada pembimbing.
4. Penulis
berusaha untuk belajar agar kesulitan itu sedikit demi sedikit hilang.
5. Penulis
mencoba untuk lebih sering berkomunikasi dengan orang-orang kantor.
4.3 FAKTOR PENDUKUNG
Faktor pendukung dalam pelaksanaan
tugas akhir ini adalah media yang di gunakan untuk proses pengeditan
lebih mudah untuk di mengerti,para pegawai di tempat praktik kerja industri
begitu ramah,orang tua yang tidak pernah berhenti memberi semangat untuk terus
berusaha dan selalu mendukung penulis dalam tugas akhir ini,teman-teman yang
selalu menemani penulis serta selalu ada di saat penulis merasa bingung dengan
apa yang harus penulis lakukan, selain itu dukungan dari guru pembimbing sangat
memberikan motivasi bagi penulis untuk mengerjakan tugas akhir ini dengan
sebaik-baiknya.
17
BAB V
PENUTUP
5.1 KESIMPULAN
Berdasarkan penjelasan
pada bab-bab sebelumnya, dan berdasarkan pengalaman penulis selama melaksanakan
Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) di Plt.Stasiun TVRI BABEL” selama tiga bulan,
maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut:
1) Pelaksanaan
Praktik Kerja Industri dapat menjadi pengalaman, pengamatan dan keterampilan
terhadap cara-cara berusaha dikalangan dunia usaha dengan keadaan nyata, secara
langsung.
2) Perencanaan yang matang dapat mendukung
Prakerin ini berjalan dengan baik dan lancar.
3) Tanggapan
pegawai terhadap siswa-siswi yang melaksanakan Praktek Kerja Industri cukup
baik dan menerima dengan senang hati.
4) Kita
dapat menghayati bahwa didalam pelaksanaan Praktik Kerja Industri yang
dilaksanakan oleh siswa-siswi di instansi tidak selalu mulus dan berhasil namun
kadang-kadang ditemukan hambatan-hambatan.
5) Kemampuan
dan ketrampilan yang mendukung terlaksananya prakerin berjalan dengan baik dan
lancar.
5.2 SARAN
Penulis menyadari
keterbatasan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, namun walaupun demikian
akan mencoba memberi saran yang mungkin akan dapat membangun.
A.
Saran penulis untuk sekolah,sebagai berikut :
1.
Untuk
meningkatkan
kualitas
pendidikan
dan prakerin maka
di
perlukan
peran
aktif
siswa
dan guru.
18
2.
Dalam pelaksanaan Praktik Kerja
Industri, ketika masih harus di berikan pengarahan kepada Siswa-siswi agar dapat
menjaga nama baik sekolah maupun instansi yang ditempati.
3.
Pihak Sekolah ( Lembaga pendidikan )
diharapkan dapat memantau kegiatan siswa yang sedang melaksanakan PSG secara
intensif sehingga segala kesulitan yang timbul dapat dipecahkan bersama.
4. Meningkatkan
daya pikir dan mental siswa, pihak sekolah harus senantiasa memberikan dorongan
dalam melaksanakan Prakerin.
5.
Dan kepada dewan guru agar selalu
memberikan motivasi dan bimbingan kepada siswa-siswi SMK Negeri 1 Mendo Barat.
B. Saran penulis
untuk pihak Instansi
1. Tingkatkan
pelayanan yang memuaskan bagi pegawai.
2. Hubungan
kerjasama antar karyawan harus dijaga dan dipertahankan serta ditingkatkan.
3.
Tingkatkan terus kedisiplinan serta
kerjasama antar pegawai.
4.
Menjalin hubungan kerja sama
yang baik antara atasan dan bawahan merupakan kunci keberhasilan suatu
perusahaan.
5.3 KESAN
Kesan
yang penulis dapatkan selama pelaksanaan Prakerin antara lain :
1. Penulis
merasakan suasana kerja yang akrab dan bekerjasama yang baik antar karyawan.
2. Penulis
terkesan dengan kejujuran, ketelitian dan kedisiplinan pegawai dalam
melaksanakan tugas.
3. Karyawan
di kantor TVRI sangat ramah dan sopan.
19
DAFTAR
PUSTAKA
2016.”Pedoman
Penulisan Laporan Prakrin,Tugas Akhir”SMKN 1 Mendo Barat.
Andi. 2008. Editing Video Dengan Adobe Premier Pro. AndiOffset:Yogyakarta.
Rahimawati. 2013.Contoh Daftar Pustaka dan
Cara Penulisannya,
http://contohsuratku.com/contoh-daftar-pustaka-yang-baik-dan-benar.html,
(diakses 22 Mei 2013).
Ir. Pandapotan Sianipar. (2004). Cara Mudah Menguasai
Video Editingdengan Adobe Premiere Pro CS3.Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
LAMPIRAN
Gambar 5.1 Belajar membaca naskah siaran
Gambar 5.2 Belajar kamea video
21
Comments
Post a Comment