MAKALAH PEPSODENT VS CIPTADENT
MAKALAH PEPSODENT VS CIPTADENT
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Dalam
membuat suatu usaha pasti kita akan dihadapi dengan namanya persaingan.
Persaingan ini bisa berwujud dalam berbagai cara seperti contoh saling
menunjukan keunggulan produknya masing-masing pada iklan di televisi, koran, dan
internet. Dalam hal ini penyusun akan menganalisis produk dari perusahaan pasta
gigi yaitu pepsodent dan ciptadent.
Pasta gigi
merupakan kebutuhan penting bagi tiap individu di segala segmen dan demografi,
sehingga produksi produk tersebut sangat tinggi setiap harinya seiring dengan
tingginya permintaan. Kriteria produk pasta gigi yang diinginkan konsumen
diantaranya mengandung kandungan fluoride yang cukup, memiliki rasa segar,
ekonomis, praktis, terkemas dengan baik dan
menarik. Salah satu brand yang berhasil mengakar kuat dan sudah lama di Indonesia
yang mampu memanfaatkan peluang pasar tersebut adalah produk pasta gigi
Pepsodent.
Pepsodent adalah pasta gigi yang paling terkenal
dan tertua di Indonesia, sejak awal keberadaannya selalu memberikan
keunggulan yang diminati oleh pelanggan. Pepsodent secara aktif mendidik dan
mempromosikan kebiasaan menyikat gigi secara benar melalui program sekolah dan
layanan pemeriksaan gigi gratis.
Ciptadent adalah pasta gigi dengan Hygie-Lite,
Fluoride ganda, dan Kalsium, serta Vitamin E memberikan perlindungan yang
sempurna terhadap gigi Anda. Hygie-Lite menjadikan gigi extra putih, extra bersih.
Fluoride ganda melindungi bagian dalam email gigi dan bagian luar gusi serta
akar gigi. Kalsium menguatkan seluruh bagian gigi hingga ke akarnya. Mengandung
vitamin E memperlancar peredaran darah di gusi. Tersedia dalam berbagai
kemasan: tube 35g, 80g, 130g, dan 200g. Di samping mengembangkan produk content
sebagai bagian Product Life Cycle strategi, Ciptadent juga terus melakukan
inovasi dalam
kemasan, rasa,
warna, bentuk, ukuran dan merancang produknya sesuai dengan segmentasi pasarnya
yaitu orang dewasa dan anak-anak.
Pepsodent
dan Ciptadent adalah dua Brand Pasta gigi ternama di Indonesia, Persaingan antara
dua Brand Pasta gigi ini pun cukup ketat. Disini penyusun akan memaparkan
analisis dari kedua brand tersebut dan akan menilai yang mana antara Brand
tersebut yang lebih unggul.
1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimana
Pengembangan Produk Pepsodent Dan Ciptadent ?
2. Bagaimana Analisis Lingkungan Dari Sisi Pesaing
Produk Pepsodent Dan Ciptadent?
3. Bagaimana Analisis
Lingkungan Dari Sisi Pelanggan Produk Pepsodent Dan Ciptadent?
1.3 Tujuan
Adapun
tujuan dari penulisan makalah ini agar pembaca :
1.
Untuk Mengetahui Pengembangan Produk Pepsodent Dan
Ciptadent
2.
Untuk Mengetahui Analisis Lingkungan
Dari Sisi Pesaing Produk Pepsodent Dan Ciptadent
3. Untuk
Mengetahui Analisis Lingkungan Dari Sisi Pelanggan Produk
Pepsodent Dan Ciptadent
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Pengembangan Produk Pepsodent dan ciptadent
2.1.1 PRODUK PEPSODENT
Pepsodent
pertama kali diluncurkan di Inggris pada 1920-an sebagai pasta gigi. Lalu
menyebar ke negeri – negeri jajahannya termasuk : Hindia Belanda (Indonesia),
Malaya (Malaysia) dan Temasek Singapura. Pepsodent salah satu produk yang cukup
terkenal pada masa penjajahan, ketika unilever memasuki pasar Indonesia di masa
penjajahan, sekitar tahun1930-an.
Pepsodent
telah menjadi market leader dan menguasai pasar untuk produk
pasta gigi.Saat ini produk Pepsodent memiliki bermacam - macam varian
yaitu klasik, herbal, whitening,complete care dan anak- anak. Selama brand mix-nya kuat akses ke konsumen menjadi
makinmudah. banyak masyarakat Indonesia yang belum mengerti cara menyikat gigi
dengan benar. Disitulah Pepsodent menangkap peluang untuk menyosialisasi sekaligus
memberi pengetahuanmengenai kesehatan gigi. Tujuannya, meningkatkan kesehatan
gigi dan mulut bangsa Indonesia.
Sekarang
produk pepsodent bukan hanya pasta tapi ada sikat gigi pepsodent.
Produk Pepsodent Pasta Gigi : Pepsodent White Pencegah Gigi Berlubang, Pepsodent
Fresh Cool Mint, Pepsodent Whitening, Pepsodent Herbal, Pepsodent Complete +
Gum Care, Pepsodent Gigi Susu Strawberry, Pepsodent Gigi Susu Orange, Pepsodent
Complete, Pepsodent Center Fresh, Pepsodent
Anak Dora dan Diego, Pagi dan Malam, Pepsodent Mouth Wash, Pepsodent Action
123, Pepsodent White Now, Pepsodent Sensitive Expert, Pepsodent Expert
Protection, Dan lain – lainnya, sesuai dengan ukurannya masing – masing.
Produk
Sikat Gigi Pepsodent : 1. Sikat Gigi Smart Clean, 2. Sikat Gigi Family, 3.
Sikat Gigi Fighter, 4. Sikat Gigi Easy Clean, 5. Sikat Gigi Extra, 6. Sikat
Gigi Double Care, 7. Sikat Gigi Torsion, 8. Sikat Gigi Whitening.
Strategi Yang Dilakukan Pepsodent, Agar
Laku :
1.
Mengiklankan produk pepsodent di media
elektronik, dan cetak.
2.
Pepsodent melakukan periksa gigi gratis,
dibeberapa kota di Indonesia, sekali setahun
4.
Dan lain – lainnya.
2.1.2 PRODUK CIPTADENT
Ciptadent adalah pasta gigi dengan Hygie-Lite, Fluoride
ganda, dan Kalsium, serta Vitamin E memberikan perlindungan yang sempurna
terhadap gigi Anda. Hygie-Lite menjadikan gigi extra putih, extra bersih.
Fluoride ganda melindungi bagian dalam email gigi dan bagian luar gusi serta
akar gigi. Kalsium menguatkan seluruh bagian gigi hingga ke akarnya. Mengandung
vitamin E memperlancar peredaran darah di gusi. Tersedia dalam berbagai
kemasan: tube 35g, 80g, 130g, dan 200g.
Pengembangan varian produk ciptadent :
1.
Ciptadent Fresh Mint Micro Active Foam & Xylitol, yang menawarkan pasta
gigi yang bersensasi rasa mint dan segar dimulut
2.
Ciptadent dengan flouride ganda, multivitamin kalsium, micro active
foam dan xylitol untuk membersihkan gigi lebih bersih
dan menguatkan email gigi.
Di samping mengembangkan produk
content sebagai bagian Product Life Cycle strategi, Ciptadent juga terus
melakukan inovasi dalam kemasan, rasa, warna, bentuk, ukuran dan merancang
produknya sesuai dengan segmentasi pasarnya orang dewasa dan anak-anak.
2.2
Analisis Lingkungan Dari Sisi Pesaing Produk Pepsodent Dan Ciptadent
2.2.1
PRODUK PEPSODENT
Pepsodent menyediakan sinyal pasar untuk mengetahui segala
macam aktivitas pesaing, seperti : formula, sensodyne, dan lain – lainnya. Lalu
pepsodent menilai strategi pesaingnya, lalu pepsodent memperkirakan strateginya
bersaing untuk yang akan mendatang.
Faktor Utama Pepsodent
Menjadi Pilihan :
Ø Pepsodent
adalah merek terkemuka di sebagian besar negara Asia dengan Indonesia dan India
sebagai pasar terbesar.
Ø Pada
tahun 2005 Pepsodent merupakan satu-satunya merek pasta gigi yang diakui oleh
FDI, Federasi Gigi Dunia, di samping asosiasi dokter gigi di dalam negeri.
Ø pada
tahun 2010 pepsodent mendapatkan penghargaan dari prodogi indonesia.
2.2.2
PRODUK CIPTADENT
Strategi penjualan :
1. melalui iklan yang unik di televisi
2. melalui program atau event-event
langsung di lapangan seperti acara menyikat gigi bersama di monas, games
tentang kesehatan gigi dll.
3. selalu memperbarui bentuk kemasan dan
memberikan promo buy one get one
4. memberikan undian berhadiah
pada kemasan
Faktor utama ciptadent menjadi yang
utama :
- harga yang sangat terjangkau dibanding
dengan pepsodent
- banyak nya cita rasa yang diberikan
dalam produknya
- mendapatkan sertifikasi dari PDGI di
seluruh indonesia
2.3 Analisis Lingkungan Dari Sisi
Pelanggan Produk Pepsodent dan
ciptadent
2.3.1
PRODUK PEPSODENT
Pepsodent membuka layanan komunikasi
dengan konsumen, yang diberi nama : suara konsumen, yang pada setiap kemasan
produk pepsodent dengan nomor layanan : 0-800-1-558000 bebas pulsa dan bayar
pulsa dengan nomor : 021-52995299, supaya, konsumen atau pelanggan bisa
memberikan komentar,apa yang kurang atau apa yang dibutuhkan dari produk
tersebut.
Dengan tahapan : mengumpulkan data
mentah dari pelanggan, menginterpretasikan data mentah menjadi kebutuhan
pelanggan, mengorganisasikan kebutuhan menjadi beberapa hierarki, yaitu
kebutuhan primer, sekunder, dan jika diperlukantersier, menetapkan
derajat kepentingan relatif setiap kebutuhan, lalu pepsodent melakukan
perbaikkan terhadap produknya tersebut.
2.3.2
PRODUK CIPTADENT
Salah satu strategi promosi Ciptadent
adalah dengan memberikan beasiswa kepada pelajar. Beasiswa ini ditujukan bagi
mereka yang masih duduk di bangku SD dan juga SMP. Ciptadent turut membantu
anak bangsa yang kurang mampu untuk menelan pendidikan di bangku sekolah.
Kampanye beasiswa ini mengajak kita untuk menggunakan Ciptadent dan
menyisihkannya untuk beasiswa. Ciptadent baru-baru ini juga mengubah kemasannya
menjadi lebih berkilau dan terkesan mewah dari sebelumnya. Ciptadent pun
mengusung konsep iklan dengan gaya popular. Menggunakan seorang model cantik
yang tampil sangat percaya diri dengan warna giginya yang putih dan bersih.
2.4
Analisa Perbandingan Produk Pepsodent dan Ciptadent
Analisa perbandingan
produk ini bertujuan untuk mengetahui kualitas kedua produk dalam persaingan di
pasaran yang disajikan dalam tabel berikut:
No
|
Kekurangan/kelebihan Produk
|
Nama Produk
|
Keterangan
|
|
Pepsodent
|
Ciptadent
|
|||
1.
|
Umur merk pasta gigi
|
Merk tertua
|
Merk yang hadir setelah pepsodent
|
Merk tertua lebih dikenal masyarakat
|
2.
|
kemasan
|
tidak mudah di ingat
|
Mudah di ingat
|
Sudah banyak varian
|
3.
|
harga
|
standar
|
Relatif murah
|
|
4.
|
Varian
|
Lebih banyak
|
sedikit
|
|
5.
|
Iklan/promosi
|
Terlalu singkat tetapi lebih banyak
|
Menarik tetapi tidak sebanyak pepsodent
|
|
6.
|
Mengeluarkan inovasi
|
cepat
|
lambat
|
|
7.
|
Ciri khusus
|
Sudah punya
|
Belum
|
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Dari
paparan diatas , dapat di simpulakan bahwa Brand Pasta gigi Pepsodent lebih
unggul Dibandingkan Brand Pasta gigi Ciptadent.
Ada
beberapa faktor mengapa Brand Pepsodent lebih unggul dibandingkan Brand
Ciptadent.
·
Pepsodent adalah merek terkemuka di
sebagian besar negara Asia dengan Indonesia dan India sebagai pasar terbesar.
Sedangkan Ciptadent pangsa pasarnya hanya di Indonesia.
·
Pepsodent merupakan satu-satunya merek
pasta gigi yang diakui oleh FDI, Federasi Gigi Dunia, di samping asosiasi
dokter gigi di dalam negeri.
·
Pepsodent lebih serig menghadirkan
promosi di media televisi dibanding ciptadent sehingga brand pepsodent
lebih dikenal masyarakat
·
Pepsodent memiliki banyak varian
dibandingkan dengan ciptadent
·
Pepsodent lebih cepat dalam mengeluarkan
inovasi terbaru pada varian pasta giginya sedangkan Ciptadent lebih lamban
dalam mengeluarkan inovasi.
3.2
Saran
Seiring
perkembangan zaman dan teknologi yang terus berkembang, sebaiknya perusahaan
baik produk pepsodent atau ciptadent harus bisa mengimbanginya dalam bentuk
menjaga kualitas produk, terus berinovasi dan memperhatikan semua faktor pada
atribut-atribut produk pepsodent maupun ciptadent.
DAFTAR
PUSTAKA
Comments
Post a Comment