MAKALAH PEPSODENT VS CIPTADENT



MAKALAH PEPSODENT VS CIPTADENT
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
            Dalam membuat suatu usaha pasti kita akan dihadapi dengan namanya persaingan. Persaingan ini bisa berwujud dalam berbagai cara seperti contoh saling menunjukan keunggulan produknya masing-masing pada iklan di televisi, koran, dan internet. Dalam hal ini penyusun akan menganalisis produk dari perusahaan pasta gigi yaitu pepsodent dan ciptadent.
            Pasta gigi merupakan kebutuhan penting bagi tiap individu di segala segmen dan demografi, sehingga produksi produk tersebut sangat tinggi setiap harinya seiring dengan tingginya permintaan. Kriteria produk pasta gigi yang diinginkan konsumen diantaranya mengandung kandungan fluoride yang cukup, memiliki rasa segar, ekonomis, praktis, terkemas dengan baik dan menarik. Salah satu brand yang berhasil mengakar kuat dan sudah lama di Indonesia yang mampu memanfaatkan peluang pasar tersebut adalah produk pasta gigi Pepsodent.
            Pepsodent adalah pasta gigi yang paling terkenal dan tertua di Indonesia, sejak awal keberadaannya selalu memberikan keunggulan yang diminati oleh pelanggan. Pepsodent secara aktif mendidik dan mempromosikan kebiasaan menyikat gigi secara benar melalui program sekolah dan layanan pemeriksaan gigi gratis.
Ciptadent adalah pasta gigi dengan Hygie-Lite, Fluoride ganda, dan Kalsium, serta Vitamin E memberikan perlindungan yang sempurna terhadap gigi Anda. Hygie-Lite menjadikan gigi extra putih, extra bersih. Fluoride ganda melindungi bagian dalam email gigi dan bagian luar gusi serta akar gigi. Kalsium menguatkan seluruh bagian gigi hingga ke akarnya. Mengandung vitamin E memperlancar peredaran darah di gusi. Tersedia dalam berbagai kemasan: tube 35g, 80g, 130g, dan 200g. Di samping mengembangkan produk content sebagai bagian Product Life Cycle strategi, Ciptadent juga terus melakukan inovasi dalam


 kemasan, rasa, warna, bentuk, ukuran dan merancang produknya sesuai dengan segmentasi pasarnya yaitu orang dewasa dan anak-anak.
            Pepsodent dan Ciptadent adalah dua Brand Pasta gigi ternama di Indonesia, Persaingan antara dua Brand Pasta gigi ini pun cukup ketat. Disini penyusun akan memaparkan analisis dari kedua brand tersebut dan akan menilai yang mana antara Brand tersebut yang lebih unggul.

1.2   Rumusan Masalah
1.  Bagaimana Pengembangan Produk Pepsodent Dan Ciptadent ?
2.  Bagaimana Analisis Lingkungan Dari Sisi Pesaing Produk Pepsodent Dan Ciptadent?
3.  Bagaimana Analisis Lingkungan Dari Sisi Pelanggan Produk Pepsodent Dan Ciptadent?

1.3   Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini agar pembaca :
1.      Untuk Mengetahui Pengembangan Produk Pepsodent Dan Ciptadent
2.      Untuk Mengetahui Analisis Lingkungan Dari Sisi Pesaing Produk Pepsodent Dan Ciptadent

3.      Untuk Mengetahui Analisis Lingkungan Dari Sisi Pelanggan Produk Pepsodent Dan Ciptadent



BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Pengembangan Produk Pepsodent dan ciptadent
2.1.1 PRODUK PEPSODENT
Pepsodent pertama kali diluncurkan di Inggris pada 1920-an sebagai pasta gigi. Lalu menyebar ke negeri – negeri jajahannya termasuk : Hindia Belanda (Indonesia), Malaya (Malaysia) dan Temasek Singapura. Pepsodent salah satu produk yang cukup terkenal pada masa penjajahan, ketika unilever memasuki pasar Indonesia di masa penjajahan, sekitar tahun1930-an.
Pepsodent telah menjadi market leader dan menguasai pasar untuk produk pasta gigi.Saat ini produk Pepsodent memiliki bermacam - macam varian yaitu klasik, herbal, whitening,complete care dan anak- anak. Selama brand mix-nya kuat akses ke konsumen menjadi makinmudah. banyak masyarakat Indonesia yang belum mengerti cara menyikat gigi dengan benar. Disitulah Pepsodent menangkap peluang untuk menyosialisasi sekaligus memberi pengetahuanmengenai kesehatan gigi. Tujuannya, meningkatkan kesehatan gigi dan mulut bangsa Indonesia.

Sekarang produk pepsodent bukan hanya pasta tapi ada sikat gigi pepsodent.
        Produk Pepsodent Pasta Gigi :  Pepsodent White Pencegah Gigi Berlubang, Pepsodent Fresh Cool Mint, Pepsodent Whitening, Pepsodent Herbal, Pepsodent Complete + Gum Care, Pepsodent Gigi Susu Strawberry, Pepsodent Gigi Susu Orange, Pepsodent Complete,  Pepsodent Center Fresh, Pepsodent Anak Dora dan Diego, Pagi dan Malam, Pepsodent Mouth Wash, Pepsodent Action 123, Pepsodent White Now, Pepsodent Sensitive Expert, Pepsodent Expert Protection, Dan lain – lainnya, sesuai dengan ukurannya masing – masing.
        Produk Sikat Gigi Pepsodent : 1. Sikat Gigi Smart Clean, 2. Sikat Gigi Family, 3. Sikat Gigi Fighter, 4. Sikat Gigi Easy Clean, 5. Sikat Gigi Extra, 6. Sikat Gigi Double Care, 7. Sikat Gigi Torsion, 8. Sikat Gigi Whitening.
Strategi Yang Dilakukan Pepsodent, Agar Laku :
1.         Mengiklankan produk pepsodent di media elektronik, dan cetak.
2.         Pepsodent melakukan periksa gigi gratis, dibeberapa kota di Indonesia, sekali setahun
3.         Membuka layanan di webset www.tanyapepsodent.com
4.         Dan lain – lainnya.

2.1.2  PRODUK CIPTADENT

                 Ciptadent adalah pasta gigi dengan Hygie-Lite, Fluoride ganda, dan Kalsium, serta Vitamin E memberikan perlindungan yang sempurna terhadap gigi Anda. Hygie-Lite menjadikan gigi extra putih, extra bersih. Fluoride ganda melindungi bagian dalam email gigi dan bagian luar gusi serta akar gigi. Kalsium menguatkan seluruh bagian gigi hingga ke akarnya. Mengandung vitamin E memperlancar peredaran darah di gusi. Tersedia dalam berbagai kemasan: tube 35g, 80g, 130g, dan 200g.
Pengembangan varian produk ciptadent :
1.      Ciptadent Fresh Mint Micro Active Foam & Xylitol, yang menawarkan pasta gigi yang bersensasi rasa mint dan segar dimulut
2.      Ciptadent dengan flouride ganda, multivitamin kalsium, micro active
foam dan xylitol untuk membersihkan gigi lebih bersih dan menguatkan email gigi.
Di samping mengembangkan produk content sebagai bagian Product Life Cycle strategi, Ciptadent juga terus melakukan inovasi dalam kemasan, rasa, warna, bentuk, ukuran dan merancang produknya sesuai dengan segmentasi pasarnya orang dewasa dan anak-anak.

2.2 Analisis Lingkungan Dari Sisi Pesaing Produk Pepsodent Dan Ciptadent
2.2.1 PRODUK PEPSODENT
         Pepsodent menyediakan sinyal pasar untuk mengetahui segala macam aktivitas pesaing, seperti : formula, sensodyne, dan lain – lainnya. Lalu pepsodent menilai strategi pesaingnya, lalu pepsodent memperkirakan strateginya bersaing untuk yang akan mendatang.
Faktor Utama Pepsodent Menjadi Pilihan :
Ø   Pepsodent adalah merek terkemuka di sebagian besar negara Asia dengan Indonesia dan India sebagai pasar terbesar.
Ø   Pada tahun 2005 Pepsodent merupakan satu-satunya merek pasta gigi yang diakui oleh FDI, Federasi Gigi Dunia, di samping asosiasi dokter gigi di dalam negeri.
Ø   pada tahun 2010 pepsodent mendapatkan penghargaan dari prodogi indonesia.


2.2.2 PRODUK CIPTADENT
Strategi penjualan :
1. melalui iklan yang unik di televisi
2. melalui program atau event-event langsung di lapangan seperti acara menyikat gigi bersama di monas, games tentang kesehatan gigi dll.
3. selalu memperbarui bentuk kemasan dan memberikan promo buy one get one
4.  memberikan undian berhadiah pada kemasan
Faktor utama ciptadent menjadi yang utama :
- harga yang sangat terjangkau dibanding dengan pepsodent
- banyak nya cita rasa yang diberikan dalam produknya
- mendapatkan sertifikasi dari PDGI di seluruh indonesia

2.3  Analisis Lingkungan Dari Sisi Pelanggan Produk Pepsodent dan ciptadent
2.3.1 PRODUK PEPSODENT
Pepsodent membuka layanan komunikasi dengan konsumen, yang diberi nama : suara konsumen, yang pada setiap kemasan produk pepsodent dengan nomor layanan : 0-800-1-558000 bebas pulsa dan bayar pulsa dengan  nomor : 021-52995299, supaya, konsumen atau pelanggan bisa memberikan komentar,apa yang kurang atau apa yang dibutuhkan dari produk tersebut.
Dengan tahapan :  mengumpulkan data mentah dari pelanggan, menginterpretasikan data mentah menjadi kebutuhan pelanggan, mengorganisasikan kebutuhan menjadi beberapa hierarki, yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan jika diperlukantersier,  menetapkan derajat kepentingan relatif setiap kebutuhan, lalu pepsodent melakukan perbaikkan terhadap produknya tersebut.  
2.3.2 PRODUK CIPTADENT
Salah satu strategi promosi Ciptadent adalah dengan memberikan beasiswa kepada pelajar. Beasiswa ini ditujukan bagi mereka yang masih duduk di bangku SD dan juga SMP. Ciptadent turut membantu anak bangsa yang kurang mampu untuk menelan pendidikan di bangku sekolah. Kampanye beasiswa ini mengajak kita untuk menggunakan Ciptadent dan menyisihkannya untuk beasiswa. Ciptadent baru-baru ini juga mengubah kemasannya menjadi lebih berkilau dan terkesan mewah dari sebelumnya. Ciptadent pun mengusung konsep iklan dengan gaya popular. Menggunakan seorang model cantik yang tampil sangat percaya diri dengan warna giginya yang putih dan bersih. 

2.4 Analisa Perbandingan Produk Pepsodent dan Ciptadent
Analisa perbandingan produk ini bertujuan untuk mengetahui kualitas kedua produk dalam persaingan di pasaran yang disajikan dalam tabel berikut:
No
Kekurangan/kelebihan Produk
Nama Produk
Keterangan
Pepsodent
Ciptadent
1.
Umur merk pasta gigi
Merk tertua
Merk yang hadir setelah pepsodent
Merk tertua lebih dikenal masyarakat
2.
kemasan
tidak mudah di ingat
Mudah di ingat
Sudah banyak varian
3.
harga
standar
Relatif murah
4.
Varian
Lebih banyak
sedikit
5.
Iklan/promosi
Terlalu singkat tetapi lebih banyak
Menarik tetapi tidak sebanyak pepsodent
6.
Mengeluarkan inovasi
cepat
lambat
7.
Ciri khusus
Sudah punya
Belum







BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dari paparan diatas , dapat di simpulakan bahwa Brand Pasta gigi Pepsodent lebih unggul Dibandingkan Brand Pasta gigi Ciptadent.
Ada beberapa faktor mengapa Brand Pepsodent lebih unggul dibandingkan Brand Ciptadent.
·       Pepsodent adalah merek terkemuka di sebagian besar negara Asia dengan Indonesia dan India sebagai pasar terbesar. Sedangkan Ciptadent pangsa pasarnya hanya di Indonesia.
·       Pepsodent merupakan satu-satunya merek pasta gigi yang diakui oleh FDI, Federasi Gigi Dunia, di samping asosiasi dokter gigi di dalam negeri.
·       Pepsodent  lebih serig menghadirkan promosi di media televisi dibanding ciptadent sehingga brand   pepsodent lebih dikenal masyarakat
·       Pepsodent memiliki banyak varian dibandingkan dengan ciptadent
·       Pepsodent lebih cepat dalam mengeluarkan inovasi terbaru pada varian pasta giginya sedangkan Ciptadent lebih lamban dalam mengeluarkan inovasi.

3.2 Saran
Seiring perkembangan zaman dan teknologi yang terus berkembang, sebaiknya perusahaan baik produk pepsodent atau ciptadent harus bisa mengimbanginya dalam bentuk menjaga kualitas produk, terus berinovasi dan memperhatikan semua faktor pada atribut-atribut produk pepsodent maupun ciptadent.



DAFTAR PUSTAKA


Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH TENTANG SKRIPSI

MAKALAH SISTEMATIKA SKRIPSI